Selasa, 27 Oktober 2015

Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu



Gunung Tangkuban Perahu

Sekitar beberapa bulan yang lalu saya dan teman-teman saya mengunjungi tempat wisata yang terletak didaerah bandung yaitu tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. 
Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu mengingatkan saya tentang cerita asal-usul legenda sangkuriang , yang pada kisahnya telah jatuh cinta kepada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Kemudian demi untuk menggagalkan rencana dan niat anaknya sendiri untuk menikahinya, Dayang Sumbi memberikan syarat agar Sangkuriang dapat membuat sebuah perahu dalam kurun waktu semalam. pada waktu usahanya sudah gagal, Sangkuriang kemudian marah dan kemudian menendang perahu setengah jadi yang dibuatnya tersebut yang kemdudian mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu yang telah di tendang Sangkuriang inilah yang kemudian membentuk sebuah Gunung Tangkuban Parahu.
Gunung Tangkuban Perahu mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjunginya, menurut saya Gunung Tangkuban Perahu sangat indah pemandangan alamnya , udaranya pun sangat sejuk, dan terjangkau pula tiket masuknya. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 di atas permukaan laut atau sekitar 6.873 kaki. Suhu di gunung ini adalah 17 derajat Celcius pada siang hari dan dapat mencapai 2 derajat Celcius pada malam hari. 
Gunung Tangkuban Perahu terletak di Provinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Berjarak sekitar 20 km menuju ke arah utara adalah Kota Bandung, Bandung Utara tepatnya di Cikole, Lembang, atau sekitar 20 km dari pusat kota Bandung dan Alamat Lengkap Gunung Tangkuban Perahu adalah Gunung Tangkuban Parahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 40391, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesiadengan rimbun dan banyak pohon pinus serta hamparan hijau kebun teh yang ada di sekitarnya
Akses atau rute jalan menuju Gunung Tangkuban Perahu dapat melewati pintu tol Pasteur, laldilanjutkan menuju ke Jl. Dr. Djunjunan – lanjut lagi dengan berjalan ke Pasirkaliki – kemudian melewati Sukajadi – Setiabudi – Lembang lalu Anda akan sampai ke lokasi Wisata Gunung Tangkuban parahu (Gerbang bagian Atas). Jika keluar dari pintu tol Padalarang (lewat Cipularang), bisa mengambil arah menuju ke Cimahi kemudian belok ke arah kiri dan melalui Jl. Kolonel Masturi, lalu teruskan saja mengikuti jalan Kolonel Masturi sampai pada ujungnya (melalui kawasan kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), kemudian jika sudah bertemu dengan pertigaan Jl. Raya Lembang, lanjutkan dengan memilih jalan belok kiri dan terus saja mengikuti jalan dan melewati markas Brimob dll. Dan jika sudah melewati plang Tahu Tauhid yang berada di sebelah kiri maka sekitar 200 meter lagi akan sampai di Gerbang akses menuju ke wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu (berada di kiri jalan).
Untuk Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu wisatawan Indonesia dikenakan biaya Rp. 17.000, wisatawan asing Rp. 75.000, sepeda motor Rp. 5.000, mobil Rp. 10.000, bus Rp. 20.000,-.
Pengalaman yang menarik menurut saya mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu selain dapat menikmati keindahan alamnya dan kesejukan udaranya saya juga dapat mengingat kembali tentang cerita legenda asal-usul Gunung Tangkuban Perahu. Selain itu juga disekitar kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini banyak yang menjual souvenir, topi bulu, syal dan aksesoris lainnya untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang datang. Dan ada juga penjual makanan dan minuman disekitar Gunung Tangkuban Perahu. 
Saya tiba dikawasan Gunung Tangkuban Perahu sekitar pukul 14.30, saya memakai sweater dan membeli topi bulu disana karena udara nya yang begitu dingin. Tidak lupa juga saya berfoto dengan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu yang indah. Hari pun mulai malam dan saya kembali menuju penginapan.

Dokumentasi saya selama berada ditempat wisata Gunung Tangkuban Perahu
  



Pendapat Orang lain tentang Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu :
1. Yuliana Andriani : Gunung Tangkuban Perahu menurut saya adalah tempat wisata yang asik, mempunyai pemandangan yang indah, udara yang sejuk, dan juga bersih. Senang sekali saya berkunjung kesana.
2. Rani Nur Afsari : Gunung Tangkuban Perahu menurut saya tempat wisata yang harus dikunjungi para wisatawan, selain tidak terlalu jauh berlokasi dibandung dan terjangkau pula tiket masuknya, kita dapat menikmati indahnya pemandangannya.
3. Nurul Fadhliyah : Gunung Tangkuban Perahu menurut saya tempat wisata yang menyenangkan, sejuk,indah dan sayang jika tidak berkunjung kesana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar