Selasa, 19 Januari 2016

General Ledger

General Ledger adalah sebuah buku besar berisi kode rekening yang ditentukan pengguna dan kode dimensi terkait untuk merekam mengubah berbagai jenis voucher termasuk on-balance-sheet, off-balance-sheet, sheet pasca-balance, sifat keuangan dan non-keuangan. yang merupakan salah satu bagian dari proses akuntansi yang memuat semua jurnal-jurnal dalam satu periode (termasuk jurnal umum, jurnal khusus, ayat jurnal penyesuaian, dan jurnal penutup) dimana general ledger adalah proses sebelum kita masuk ke laporan  keuangan. yaitu:
- balance sheet (neraca)
- income statement (laporan laba-rugi)
- cashflow statement (laporan arus kas)
- retained earning statement (laporan penyertaan modal)
- off-balance sheet statement (catatan-catatan laporan keuangan)
 
Aset = Kewajiban + (Pemegang Saham atau Pemilik ekuitas)

Persamaan akuntansi adalah struktur matematika dari neraca. Meskipun buku besar tampaknya cukup sederhana, dalam organisasi besar atau kompleks atau organisasi dengan berbagai anak perusahaan, buku besar dapat tumbuh menjadi cukup besar dan memakan waktu beberapa jam atau hari untuk mengaudit atau keseimbangan.
1.      General Ledger (GL)
Kode dari suatu kumpulan rekening/account yang telah dikelompokkan atau digolongkan berdasarkan manfaat, sifat dan tujuan.
2.      Subsidary Ledger (SL)
Kode dari suatu kumpulan rekening/account yang merupakan bagian dari suatu kumpulan perkiraan (GL) yang dikelompokkan secara lebih spesifik.
3.      Subsidary-Subsidary Ledger (SSL)
Kode dari suatu kumpulan rekening/account yang merupakan bagian SL yang dikelompokkan secara lebih terperinci.
4.      Struktur General Ledger
General ledger memiliki struktur yang merupakan gambaran dari fungsi bank sebagai perantara keuangan (financial intermediary). Rekening-rekening pada kelompok pasiva dan modal merupakan sumber dana bank dari SSU, sedangkan rekening-rekening pada kelompok aktive merupakan penempatan ke DSU.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar